Cara Ganti Oli Gardan Montor Matic Anda Sendiri Dirumah

Berbicara tentang perawatan rutin yang harus dilakukan untuk sebuah montor matic maka kita tidak bisa melupakan yang namanya oli. 

Dalam kendaraan montor matic kita membutuhkan 2 jenis oli yang wajib dan rutin kita ganti jika sudah mencapai masa pakai atau batas km pengantiannya. 

Pertama adalah oli mesin dan kedua adalah oli gardan. 

Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Menganti Oli Mesin Montor Sendiri Dirumah kali ini saya akan membahas tentang cara untuk menganti oli gardan sendiri. 

Pada artikel Kapan Kita Harus Menganti Oli Gardan Montor Matic disana saya menyebutkan bahwa oli gardan wajib diganti rutin setiap pemakaian montor sudah mencapai 6000 km - 8000 km atau setiap 2 kali kita sudah ganti mesin montor maka kita wajib juga menganti oli gardan.

Oli gardan wajib kita ganti secara rutin sesuai anjuran dari pabrikan (atau yang saya sebutkan sebelumnnya) karena tugas oli gardan ini cukup penting menjaga dan melumasi gardan atau gearbox cvt montor matic anda agar tidak terjadi kerusakan pada komponen didalamnya.

Karena oli yang terlalu lama sudah pasti sifat atau kemampuan melumasinya akan menurut belum lagi jika oli yang mungkin saja terkontaminasi air yang merubah sifat oli dan air cukup berbahaya untuk gearbox bisa menyebabkan karat. 

Untuk itu kita wajib menganti oli gardan jika sudah mencapai km pemakaian atau saat oli gardan tercampur air (mungkin saat montor anda gunakan menerabas banjir).

Kita langsung saja masuk ke tutorialnya untuk menganti oli gardan montor matic anda.

Baut Penguras dan Baut Pengisi Oli Gardan

Alat yang Perlu Anda Siapkan

  • Kunci ukuran 12 mm, disini anda bisa menggunakan shock, kunci T atau kunci ring untuk membuka baut pembuangan dan pengisian oli gardan montor matic.
  • Wadah kosong sebagai tempat menampung oli gardan bekas agar tidak mengotori lantai.
  • Oli gardan baru tentunya, anda bisa beli terlebih dahulu harganya cukup murah mulai dari 15 ribuan untuk satu kemasan ukuran 120ml.

 Tahap Pengantian Oli Gardan Montor Matic

  • Posisikan montor pada permukaan yang datar.
  • Lakukan standar tengah pada montor matic anda.
  • Taruh wadah penampung lantai diposisi bawah baut penguras.
  • Pertama buka terlebih dahulu baut untuk melakukan pengisian agar oli gardan bekas bisa keluar (sebagai ventilasi saat pembuangan nantinya).
  • Setelah baut pengisi anda buka baru buka baut penguras. Ingat untuk membuka baut putar berlawanan arah jaruh jam.
  • Tunggu hingga seluruh oli gardan keluar seluruhnya. Anda bisa memiringkan montor sesekali agar oli gardan bekas benar-benar habis terkuras.
  • Selanjut tutup baut penguras. Ingat untuk menutup baut putar searah jarum jam, dan jangan terlalu kencang juga dalam memutar karena hanya akan membuat baut susah dibuka kemudian hari (bisa aus).
  • Kita akan memasukan oli gardan melalui tempat pengisian, buka kemasanoli gardan yang anda beli dengan cara memotong ujung yang runcing bisa menggunakan gunting atau tang.
  • Setelah anda buka masukan oli gardan melalui lubang pengisian dan sambil ditekan agar oli gardan baru keluar seluruhnya.
  • Terakhir jangan lupa tutup kembali baut pengisian dan kini anda sudah selesai menganti oli gardan montor matic anda.

Perlu menjadi catatan untuk kapasitas berapa ml/cc oli gardan yang dibutuhkan setiap tipe montor matic mungkin berbeda.

Sebagai contoh untuk montor matic generasi lama dari Yamaha (karburator) seperti Nuovo series, dan mio 115 cc hanya membutuhkan oli gardan 100 ml. Untuk montor matic Yamaha tipe sistem injeksi 115cc -125 cc membutuhkan oli gardan sebanyak 140 ml. Untuk Maxi series seperti Lexi, Aerox 155 dan NMAXA membutuhkan 150 ml oli gardan. Khusus untuk XMAX 250 membutuhkan 2x150 ml atau 300 ml oli gardan untuk sekali pengantian.

Untuk memastikannya pada montor matic Yamaha juga terdapat tulisan berapa kapasitas oli gardan yang dibutuhkan, tertulis dekat lubang pengisian oli gardan.

Sedangkan untuk montor pabrikan Honda semuanya sama hanya membutuhkan 120 ml oli gardan. Untuk montor matic honda juga cukup mudah menandai kebutuhannya karena anda cukup mengisi oli gardan hingga penuh, jika berlebih oli gardan akan keluar (karena posisi pengisian oli gardan sedikit disamping), anda cukup isi penuh saja.

Untuk montor matic pabrikan suzuki seperi spacy membutuhkan 100 ml.

Catatan kapasitas berapa ml oli gardan yang dibutuhkan ini mungkin berguna jika anda ingin menggunakan oli gardan pihak ketiga (tidak bawaan pabrikan) ataupun menggunakan oli mesin sebagai oli gardan.

Baca juga: Apakah Boleh Menggunakan Oli Mesin Untuk Oli Gardan Montor Matic ?

Catatan lain untuk lubang pengisian maupun pembuangan oli gardan mungkin sedikit berbeda setiap pabrikan montor, tapi tetap posisinya kurang lebih sama dan cara pengantiannya juga sama.

Mungkin itu dulu tutorial dari saya untuk menganti oli gardan montor matic anda sendiri di rumah, anda bisa lebih rutin dan rajin menganti oli gardan jika menganti oli gardan sendiri karena tidak perlu mengantre dan biaya bisa lebih murah tentunya.

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Oli Gardan Montor Matic Anda Sendiri Dirumah"