Cara Cuci Montor Sendiri Yang Baik dan Benar

Salah satu perawatan montor yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan montor untuk itu kita sebagai pengguna kendaraan bermontor wajib secara rutin mencuci montor yang kita miliki.

Apalagi dimusim penghujan dimana montor sering basah terkena air hujan ataupun genang air yang ada dijalan. Kita tahu bahwa air hujan bersifat asam yang bisa membuat bagian mesin luar montor yang berbahan logam berkarat, belum lagi dari air lumpur selain berkarat juga bisa merusak cat pada montor.

Mungkin kalau dimusim kemarau anda mencuci di tempat pencucian masih worth it untuk banyak orang, tapi dimusim penghujan dimana montor akan sering kotor terkadang kita jadi berpikr dua kali untuk mencuci karena akan mengeluarkan uang dan yang buat jengkel kadang baru kita cuci di pencucian montor besoknya hujan, hehehe.

Cara Cuci Montor Sendiri Yang Baik dan Benar
Cuci Montor Sendiri Di Rumah (istock)

Namun begitu anda tetap wajib menjaga kebersihan montor untuk menjaga kondisi montor anda agar tetap bersih, dan menghindari kerusakan akibat karat.

Anda bisa melakukan cuci montor sendiri dirumah. Mungkin banyak dari kita masih salah dalam melakukan pencucian montor sendiri dirumah, akibatnya hasil kurang bersih, bahkan bisa menyebabkan montor baret dan cat montor menjadi kusam.

Untuk itu anda harus tahu bagaimana sih cara cuci montor sendiri yang baik dan benar, agar bersihnya maksimal dan tidak menimbulkan masalah seperti baret, dan sebagainya. 

Langkah-Langkah dan Cara Mencuci Montor Sendiri

Dinginkan Mesin Sebelum Anda Mulai Mencuci Montor

Mencuci montor dalam keadaan mesin masih panas mungkin montor anda habis anda gunakan ridding seharian bisa berdampak buruk bagi mesin montor.

Resiko kerusakan yang pertama jika anda mencuci montor dalam keadaan panas adalah kerusakan pada komponen logam salah satunya pada bagian blok mesin yang bisa merenggang dan rusak. 

Karena ketika besi yang sedang panas-panasnya terkena air bersuhu dingin maka akan terjadi perubahan suhu yang signifikan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada logam, memang tidak langsung terjai tapi jika dilakukan berulang kali efeknya akan terjadi kerusakan seperti penyusutan pada logam atau istilahnya thermal shock.

Idealnya anda mendinginkan mesin montor dengan mendiamnya selama 10 - 20 menit agar temperaturnya turun dan tdak terlalu panas.

Gunakan Standar Tengah Untuk Membersihkan Lebih Maksimal

Anda bisa menggunakan standar tengah pada montor agar posisi montor lebih simetris dan akan bisa membersihkan lebih maksimal bagian kanan, kiri dan bawah montor yang sulit dijangkau jika anda mencuci dengan standar samping.

Basahi Montor dari Bagian Bawah Menuju Ke Bagian Atas Bodi Montor

Jika memungkinkan memang untuk membasahi diawal kita menggunakan air bertekanan agar kotoran seperti lumpur dan pasir bisa rontok terlebih dahulu. Namun saya rasa tidak semua orang punya alat seperti kompresor sendiri dirumah, jadi tidak masalah anda tetap bisa mencuci montor dengan air selang sekalipun.

Anda bisa memulai membasahi montor dari bagian bawah seperti pada ban, velg, bagian bawa montor baru menuju keatas dan keseluruhan bodi montor, jika anda menggunakan air dari selang bisa menutup sebagian agar menciptakan tekanan air yang lebih tinggi untuk membantu sedikit merontok lumpur dan kotoran.

Gunakan Sabun Khusus Cuci Atau Cara Berikut

Yang terbaik untuk mencuci montor adalah menggunakan sabun khusus untuk mencuci montor anda bisa membelinya secara offline maupun online dengan berbagai pilihan harga dan merk.

Karena secara sifat sabun khusus cuci montor diciptakan untuk mencuci montor sehingga aman kita gunakan.

Namun jika memang anda tidak punya dan mungkin tidak ingin merogoh kocek lagi untuk membeli sabun cuci montor tersendiri anda bisa menggunakan cara berikut sebagai alternatifnya.

Pertama sabun cuci piring ini bisa anda gunakan untuk membersihkan pada bagian montor yang tidak terdapat cat montor. Sabun cuci piring ini memiliki bahan aktif cleaning agent yang mampu membersihkan dan merontokan kotoran dan minyak. 

Tapi walaupun begitu sabun cuci piring bisa membuat cat montor anda menjadi kusam dan rusak karena sifat membersihkannya yang terlalu kuat. Jadi untuk sabun cuci piring ini bisa anda gunakan untuk membersihkan bagian montor yang tidak terdapat cat seperti pada bagian mesin, velg, jari,jari, ban, gear,dsb.

Sedangkan untuk membersihkan bagian bodi montor yang terdapat bagian catnya lebih baik menggunakan cairan sabun dari shampo rambut, ini bisa jadi alternatif dan cara aman ketika anda ingin mencuci montor sendiri dirumah dengan peralatan dan bahan seadanya.

Gunakan 2 Kain/Spons yang Berbeda Untuk Mencuci Montor

Ini penting sekali untuk anda lakukan yaitu menyiapkan kain atau spons 2 buah untuk pencucian montor dengan sabun. 2 ini dibedakan yang satu untuk membersihkan bagian bawah montor yang biasanya kotor dengan pasir dan lumpur, dan satunya untuk bagian atas atau bodi montor.

Kenapa harus dibuat 2 dan berbeda penggunannya? 

Hal ini untuk menghindari baret jika kita menggunakan satu kain/spons yang sama karena bagian bawah montor cenderung lebih motor. Anda bisa memulai membersihkan bagian atas terlebih dahulu dengan sabun lalu membersihkan bagian bawah.

Anda bisa juga menggunakan sikat untuk membersihkan bagian seperti pada ban dan roda agar bersih lebih maksimal.

Bilas, Keringkan dan Lumasi Lagi Bagian Rantai

Setelah anda membersihkan seluruh bagian dengan sabun dan dirasa sudah bersih secara maksimal anda bisa mulai membilasnya dengan air bersih cukup dengan ar bertenan rendah saja tujuannya untuk menghilangkan sisa-sisa busa dan sabun yang ada pada montor.

Setelah semuanya bersih dari sabun, anda bisa mengeringkan montor menggunakan kain microfiber karena berbahan halus untuk menghindari terjadinya baret yang mungkin terjadi.

Terakhir jangan lupa untuk melupasi rantai roda dan gear setela pencucian, karena biasanya pelumas akan hilang karena sabun saat proses pencucian.

Cucilah Montor Secara Rutin Sesuai Kebutuhan

Terakhir adalah untuk interval pencucian montor jika montor yang anda gunakan sering anda gunakan sehari-hari dan dalam musim penghujan setidaknya anda mencuci montor anda seminggu sekali itu sudah cukup. 

Untuk anda yang tinggal didaerah pesisir pantai yang sering terjadi banjir rob mungkin bisa lebih sering lagi kita montor terkena genang air banjir rob, kalau bisa malah langsung dicuci begitu kena untuk menghindari karat akibat logam yang terkena air garam.


Jika  anda mau cuci montor sering-sering sekalipun tidak ada masala sebenarnya asal caranya benar hanya anda mungkin boros di air dan tenaga anda, anda cukup cuci jika dirasa montor kotor itu lebih bijaksana.

Mungkin itu dulu sedikit sharing dari saya tentang bagaimana cara mencuci montor sendiri dirumah yang baik dan benar agar bersih maksimal dan tidak menimbulkan masalah seperti baret ataupun cat kusam, anda bisa mencobanya sendiri hitung-hitung anda bisa berhemat dan tidak perlu mengantre lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply