Mengenali Ciri-Ciri Filter Udara Motor yang Perlu Diganti

Setiap mesin kendaraan baik mobil ataupun motor pasti memiliki yang namanya filter udara. Dalam perawatan pada mesin motor yang namanya filter udara ini sering kita lupakan dan banyak dari kita pengguna motor tidak melakukan pengantian filter udara setiap mencapa masa pakainya.

Filter udara sesuai dengan namanya fungsi utamanya adalah sebagai penyaring udara yang masuk dari luar ke dalam ruang bakar. 

Jadi kalau filter udaranya masi hbagus dan berfungsi dengan baik udara yang masuk juga bersih sehingga nantinya tidak mengotori ruang pembakaran baik pada sistem motor ijeksi ataupun karburator.

Karena tugas menyari udara dari luar yang mungkin kotor karena debu, kotoran, asap, dll filter udara ini lama kelamaan akan kotor dan secara fungsi akan menurun.

Filter Udara motor Kotor Wajib Anda Ganti

Karena kotoran ada dan terperangkap di filter udara pada motor akan menumpuk dan menyumbat udara yang perlu masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya jika filter udara kotor maka pasokan udara yang masuk yang diperlukan untuk pembakaran akan berkurang, akibatnya tarikan gas jadi berat dan akan membuat motor boros bensin.

Biasanya ketika diservis motor filter udara ini biasa dibersihkan dengan cara disemprot kompressor. Ini cukup membantu membersihkan jika kondisi filter udara tidak terlalu kotor jika sudah terlalu kotor tidak akan berpengaruh, Untuk pembersihannya juga disemprot dari arah yang berlawanan arah isap udara masuk ke mesin sehingga kotoran yang terjebak bisa terdoron keluar.

Tidak direkomendasikan juga mencuci (walaupun itu bisa efektif membuatnya bersih) hal ini karena pada filter udara selain berupa filter juga ada kandungan minyak khusus yang fungsinya untuk mengikat kotoran yang masuk jika dicuci kandungan minyak tersebut akan hilang dan fungsi filter udara akan berkurang. Akibatnya penyaringan udara kurang baik throttle bodi maupun ruang pembakaran bisa jadi kotor.

Ada beberapa rekomendasi km tempuh untuk kalian wajib mengganti filter udara motor kesayangan anda.

Menurut bengkel resmi Yamaha sendri filter udara pada motor wajib diganti setiap 4000 - 9000 km tergantung dari kondisi filter udara tersebut jika 4000 km sudah sangat kotor (mungkin karena pemakaian motor dilingkungan yang sangat kotor dan berdebu) anda harus menggantinya. Jika kondisi jalan yang anda lalui relatif bersih dan aman bisa sampai 9000 km pun masih layak digunakan.

Sedangkan menurut advisor AHASS untuk motor pabrikan honda sendiri merekomendasikan mengganti filter udara setiap 10.000 - 16.000 km tergantung dari kondisi kekotorannya, jadi semisal anda servis rutin 3000 km sekali maka bisa melakukan penggantian filter udara pada motor anda setiap servis ke 5.

Baca juga: Perawatan Rutin motor Matic Kesayangan Anda

Filter udara ini penting sekali diganti agar performa mesin optimal. Jika terlalu kotor asupan udara masuk ke ruang pembakaran bisa kurang (motor jadi berat dan boros) dan bisa jadi filter udara sobek karena masa pemakaian membuat udara tidak difilter dengan baik.

Akibatnya jika hal tersebut terjadi sudah pasti throttle body akan jadi kotor dan juga ruang pembakaran, jadi motor akan terasa berat dan boros bahan bakar karena pembakaran tidak optimal.

Belum lagi anda harus servis tambahan untuk membersihkannya, jadi pointnya sebenarnya kalau filter udara selalu dalam kondisi baik dan prima mesin motor jadi lebih bersih andapun tidak usah terlalu sering melakukan servis karena mesin tetap berjalan baik dan optimal.

Jadi jangan lupa untuk selalu rutin mengganti filter udara motor anda sesuai anjuran dari pabrikan motor, untuk menjaga performa dan kondisi mesin anda tetap prima.


Penulis: Rio

Menyukai seputar otomotis terutama perawatan montor harian.

Comments on “Mengenali Ciri-Ciri Filter Udara Motor yang Perlu Diganti”