Pentingnya Perlengkapan Safety Riding

Sepeda motor moda transportasi favorit, paling disukai dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kita bisa melihatnnya dijalanan Indonesia begitu banyak kendaraan motor yang berlalu lalang. Mulai dari motor bebek hingga matic semuanya ada.

Bahkan banyak dari satu keluarga mempunyai lebih dari satu kendaraan motor, mulai dari bapak, ibu hingga anak mempunyai 1-1 motor untuk kendaraan berangkat kerja, berangkat sekolah hingga pergi ke pasar.

Baca jugaPerawatan Motor di Musim Hujan: Apa yang Harus Anda Lakukan -

Memang sepeda motor dari segi harga cukup terjangkau, mobilitas yang ditawarkan serta cocok dengan jalanan Indonesia yang macet dan banyak jalanan rusak sehingga mudah untuk bermanuver.

Pentingnya Perlengkapan Safety Riding

Namun perlu anda ketahui bahwa resiko keselamatan dalam berkendara motor juga tinggi, di Indonesia sendiri angka kecelakaan motor meliputi 70-80 persen lebih dari total kecelakaan yang terjadi di Indonesia.

Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam berkendara, walau terkadang kita yang sudah berhati-hati orang lainpun belum tentu demikian masih ada kemungkinan terjadinya kecelakaan karena yang namanya hari apes tidak ada di kalender.

Untuk itu penting sekali kita menggunakan perlengkapan safety riding yang lengkap, gunanya tidak lain dan bukan untuk meminimalisir cedera yang bisa terjadi terjadi kecelakaan atau crash dari motor. 

Apasaja perlengkapan safety riding yang perlu anda gunakan serta fungsinya?

Helm

Helm merupakan aksesoris wajib dan penting sekali untuk selalu anda gunakan baik saat berkendara jauh maupun dekat. Fungsinya sangat vital yaitu untuk melindungi kepala yang merupakan organ penting dari tubuh kita. 

Jadi jangan hanya karena hanya berpergian jarak dekat mungkin antar gang atau antar desa tidak melewati jalan raya besar anda tidak menggunakan helm karena mungkin anda anggapnya cuman deket gak akan terjadi apa-apa dan gak ada polisi juga.

Ini tentunya salah besar mau pergi dekat atau jatuh yang namanya kecelakaan sama-sama mungkin terjadi, entah anda yang terjatuh sendiri atau mungkin crash ditabrak oleh orang lain. Dan ingat pakai helm itu untuk keselamatan diri anda sendiri bukan karena ada polisi atau karena ada polisi/tilangan motor.

Untuk helm yang sudah berstandar SNI agar helm tetap kuat dan aman melindungi kepala dari kecelakaan. Pastikan helm yang anda gunakan sudah SNI ya sob.

Jaket

Jaket tidak hanya membantu melindungi badan dari terpaan angin dingin yang bisa membuat masuk angin ketika harus berkendara jauh dengan motor ataupun melindungi kulit anda dari terik panas matahari (biar gak gosong kulit) ketika harus berkendara tapi juga memberika proteksi tambahan.

Jaket bisa melindungi anda ketika amit-amit terjadi kecelakaan bisa melindungi badan kita setidaknya dari luka goresan ringan yang bisa terjadi karena tidak langsung terkena pakaian atau kulit kita, ada jaket yang bisa membantu melindungi.

Sarung Tangan dan Sepatu

Sarung tangan aksesoris ini cukup sering digunakan para pengendara motor terutama disiang hari ya tujuan mereka untuk melindungi tangan dari sinar terik matahari karena nantinya bisa membuat warna kulit menjadi belang.

Biasanya sarung tangan ini cukup jarang digunakan pada malam hari, padahal juga berfungsi menghangatkan badan ketika cuaca diluar sedang dingin.

Namun poin pentingnya sarung tangan ini bisa melindungi tangan kita dari lecet jika amit-amit terjadi kecelakaan pada diri anda dijalan. Sarung tangan juga membantu memberi grip yang lebih baik kepada pengendara untuk melakukan gas dan rem sehingga bisa meningkatkan keamanan di jalan.

Baca jugaPerawatan Motor Matic yang Wajib Dilakukan

Selain itu anda juga bisa menggunakan sepatu untuk proteksi lebih pada kaki agar kaki tetap aman dari lecet dan luka ketika amit-amit terjadi kecelakaan atau jika hanya berpergian jarak dekat kerumah teman bisa menggunakan sandal yang mencover dan memproteksi kaki secara lebih (hindari sandal jepit).

Terakhir yang terpenting juga selain menggunakan perlengkapan safety ridding adalah memastikan motor yang anda gunakan dalam kondisi baik dan prima untuk digunakan. Pastikan hal-hal seperti pengereman bekerja baik, spion sudah dalam posisi yang tepat, tekanan ban sudah sesuai, dll.

Tetap berhati-hati dalam berkendara, tidak perlu ngebut-ngebutan dijalan, dan tetap mengharga sesama pengendara dijalan. Insya allah perjalanan bisa aman dan selamat sampai tujuan dan jangan lupa untuk berdoa untuk diberikan keselamatan dijalan hingga sampai ke tujuan.


Penulis: Rio

Menyukai seputar otomotis terutama perawatan montor harian.

Comments on “Pentingnya Perlengkapan Safety Riding”