Mengenal Penyebab Utama Motor Matic Boros Bensin

Motor matic keluaran jaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem injeksi yang membuat sistem pembakaran jadi lebih hemat efisien bahan bakar, jadi sudah seharusnya motor matic yang anda kendarai apalagi kalau sudah injeksi harusnya irit selama pemakaian dan perawatannya benar.

Anda yang sedang membaca ini mungkin sedang merasakan kok motor matic aku sekarang ini jadi agak borosan atau gak seperti diawal anda mereyen motor ini. 

Apalagi dijaman sekarang harga BBM yang cenderung naik terus dan mungkin tuntutan pekerja kita mengharuskan perjalanan berpuluh km setiap harinya, kalau motor jadi boros bensin bisa tekor juga uang gaji untuk isi bensin.

Penyebab motor Maticmu Boros Bensin

Kali ini saya akan membagikan apa saja penyebab yang bisa menjadikan motor matic mu jadi boros bensin, apasaja itu berikut pembahasannya.

Cara Penggendara Motor Matic yang Bikin Boros BBM

Menahan Gas Sambil Menarik Tuas Rem

Banyak pengguna motor matic yang masih salah dalam penggunaan motor matic terutama yang hidup didaerah perkotaan yang macet, dimana kita akan lebih sering stop and go setiap saat. Kesalahan dari pengguna motor matic yang membuat motor matic anda terasa boros adalah menahan gas sambil menarik rem.

Ini mungkin terjadi secara tidak sadar dan terus menerus anda lakukan. Mungkin karena anda ingin berjaga-jaga ketika harus mengerem mendadak tapi tanpa sadar anda sudah menahan rem tanpa melepas gas motor.

Sebisa mungkin kalau mau mengerem ya gas dilepas ini juga lebih efektif untuk pengereman, anda jadi tidak lebih boros bensin dan motor juga lebih awet terutama komponen seperti kampas rem yang bisa cepat habis jika anda terus menerus mengerem dan gas bersamaan.

Menarik Gas Secara Spontan dan Terus Menerus

Ini biasanya kebiasaan penggendara motor matic yang berada didaerah macet tapi ingin cepat sampai ke lokasi pergi dengan cepat, buru-buru tapi kondisi tidak memungkinkan. Jadi begitu ada jalan kosong gas langsung ditarik pol nanti kalau macet lagi direm, begitu terus demi mengejar waktu.

Kebiasaan ini tidak hanya membuat motor matic anda jadi lebih boros tapi juga akan membuat komponen motor matic anda cepat rusak dan harus diganti nantinya. Jadi sebisa mungkin dikurangi atau dihilangkan kebiasaan menarik gas secara spontan, tarik gas perlahan menyesuaikan kondisi jalanan yang sedang anda lalui.

Selalu dalam Kecepatan Tinggi

Jika anda melihat motor matic jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur lampu eco indicator, fungsinya eco indikator ini untuk membantu pengguna tetap dalam prinsip-prinsip eco ridding alias berkendara dengan cara yang tepat dan hemat bahan bakar.

Jadi anda bisa berkendara dengan baik dengan memperhatikan eco indikator ini tetap menyala yang artinya anda mengendarai motor matic anda dengan baik dan efisien bahan bakar, hal ini meliputi tidak menarik gas secara spontan dan tidak berkendara dalam kecepatan tinggi biasanya dibawah 60 km / jam.

Terlalu Lama Ketika Memanaskan Mesin

Memanaskan motor matic bisa dikatakan masih perlu terutama dipagi hari sebelum motor kita gunakan untuk berkendara pertama kali. Karena kondisi oli mesin yang masih dalam kondisi dingin dan belum merata keseluruh mesin.

Namun begitu mungkin masih ada yang salah karena terlalu lama dalam memanaskan motor matic jaman sekarang.

Kita tahu motor matic jaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem injeksi jadi fungsi kita memanaskan mesin anya untuk membuat oli tersikulasi dengan baik sebelum dilanjut gas untuk perjalanan jadi anda tidak perlu terlalu lama dalam memanaskan motor matic ijeksi jaman sekarang.

Cukup panaskan motor matic dalam keadaan stasioneri (tidak perlu digas) selama 1 menit sudah cukup untuk menghangatkan oli yang dingin semalam dan membuatnya bersikulasi melindungi seluruh komponen mesin.

Tekanan Udara Ban Kurang

Perlu anda ketahui tekanan udara yang pas dan ideal untuk sebuah motor matic berkisar 28-30 psi untuk roda ban depan dan 31-33 psi untuk tekanan roda belakang. Jika tekanan udara ban kurang yang terjadi kerja mesin motor matic anda akan lebih berat karena adanya hambatan dari ban motor yang kempis akibatnya konsumsi bahan bakar juga akan jadi lebih boros. 

Belum lagi resiko kerusakan motor akibat tekanan ban yang kurang seperti pelek yang peak atau bahkan retak, shock yang jebol, hingga komstir yang bisa oblak juga ketika menghantam lubang dalam kondisi ban kurang tekanan.

Rajin-rajin memeriksa tekanan ban setiap anda ingin menggunakan motor anda berpergian.

Perawatan yang Mungkin Perlu Anda Lakukan Agar Motor Matic Kembali Irit

Mengganti Oli Mesin

Jika motor matic anda terasa boros dibandingkan sebelumnya dan mungkin anda ingat anda belum rutin mengganti oli mesin motor matic anda mungkin ini bisa jadi penyebabnya.

Fungsi utama oli sendiri untuk meminimalkan gesekan antar komponen mesin yang bergerak didalam mesin motor sehingga gerakan yang terjadi bisa lebih halus dan sedikit hambatan. Jika oli sudah waktunya untuk diganti mencapai 2000 km atau 2 bulan pemakaian maka kemampuan oli untuk melumasi akan turun.

Oli mungkin menjadi kotor dan mengental dan mesin motor akan terasa berat yang bisa membuat konsumsi bahan bakar motor matic anda menjadi lebih boros. Untuk itu penting sekali untuk rutin mengganti oli mesin motor matic anda sesuai anjuran pabrikan.


Selain itu pastikan juga anda menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Oli yang lebih encer dari anjuran pabrikan akan membuat oli bisa masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar oli akan lebih cepat menyusut, suara mesin juga jadi lebih kasar, walaupun tarikan akan terasa lebih ringan. Sedangkan oli terlalu kental akan suara mesin jadi lebih halus tapi mesin akan terasa berat dan lebih boros bensin.

Yang terbaik adalah oli dengan viskositas yang sesuai anjuran pabrikan misal honda beat dengan 10w-30 dan pastikan juga oli yang anda gunakan asli bukan oli palsu yang berdampak buruk ke mesin motor.

Jangan Lupa Ganti Filter Udara Yang Kotor

Pada motor matic jaman sekarang yang sudah menganut sistem ijeksi, ada perangkat yang dinamakan ECU yang akan mengatur penyesuaian campuran udara dan bahan bakar yang ideal dan sesuai kebutuhan. 

Ketika filter udara motor matic dalam kondisi kotor dan anda paksakan tetap pakai tanpa menggantinya dengan yang baru maka yang terjadi adalah pasukan udara yang masuk ke ruang pembakaran akan menjadi berkurang.

Karena udara yang harusnya bisa masuk melalui filter udara menjadi terhalang oleh kotoran yang ada pada filter. Udara yang masuk sedikit secara otomatis ECU akan membuat pasukan bensin jadi lebih banyak. Yang terjadi maka pemakaian bensin motor matic anda akan terasa boros.

Selain konsumsi bahan bakar yang boros akibat filter udara yang kotor, performa mesin motor matic juga akan menurun mesin akan terasa berat, tidak bertenaga dan brebet karena kurang asupan udara untuk pembakaran.


Ya kalau dari saya kalau dirasa filter udara sudah kotor dan sudah waktunya ganti pemakaian sekitar 8000 sampai 10.000 km maka segera diganti agar udara yang masuk bisa optimal, motor gak brebet, gak boros bensin, dan fungsi filter berjalan optimal untuk menyaring debu dan kotoran sehingga throttle body dan ruang pembakaran tidak ikut kotor yang akan bisa menjadi masalah lainnya.

Saya juga merekomendasikan anda untuk mengganti ya filter udara jika sudah saatnya tidak mencuci atau membersihkannya dengan kompresor.

Kenapa tidak disarankan mencuci filter udara? 

Karena kebanyakan motor matic menggunakan filter udara berbahan basah yang didalamnya ada cairan pelumas yang gunanya untuk menyaring lagi debu dan kotoran kecil agar tidak benar-benar masuk ke throttle body. Kalau anda cuci cairan pelumas ini akan hilang dan kemampuan menyaring udara dari filter akan menurun yang ada kotoran dan debu makin mudah masuk ke ruang bakar dan menjadi masalah lain.

Kenapa tidak membersihkan filter udara dengan kompresor? 
Jika kotor tidak disarankan dibersihkan dengan kompresor yang pertama hanya akan membuat kotoran semakin masuk kedalam pori kertas filter udara, kedua bahan kertas filter ini bisa saja sobek akibat angin bertekanan tinggi, dan terakhir lapisan oli yang terdapat pada filter juga bisa ikut terbuang.

Jadi memang yang terbaik dan tepat jika filter udara sudah kotor dan sudah habis masa pakai ya menggantinya dengan yang baru. 

Filter udara ini penting menjaga asupan udara masuk agar mesin motor tidak brebet dan menjaga udara yang masuk tetap bersih sehingga throttle body tetap dalam kondisi bersih dan ruang pembakaran juga tetap bersih jadi anda tidak perlu terlalu sering servis untuk membersihkannya.

Waktunya Kamu Servis Rutin Motor Matic Kesayanganmu

Dua poin diatas yang saya jelas sebelumnya seperti waktunya mengganti oli dan mengecek kondisi filter udara sebenarnya merupakan bagian dari servis motor matic anda.

Jika dirasa motor matic anda sudah cukup lama tidak dilakukan servis ringan rutin mungkin ini bisa jadi penyebab utama kenapa motor matic anda menjadi terasa lebih boros.

Hal yang perlu anda perhatikan ketika servis untuk mendapatkan performa dan efisiensi pemakaian bbm yang optimal seperti 

  1. Servis throttle body (dibersihkan) agar asupan udara tetap optimal dan proses pembakaran kembali maksimal motor kembali enak, tidak brebet, responsif dan hemat bahan bakar karena asupan udara yang masuk tidak terhalang oleh kotoran yang ada di throttle body.
  2. Servis injektor (dibersihkan) agar kemampuan menyemprotkan bahan bakar kembali optimal tidak terhalang oleh kotoran yang berasal dari bahan bakar.
  3. Ganti oli, seperti yang sudah saya terangkan diatas.
  4. Cek kondisi filter udara, seperti yang sudah saya terangkan juga diatas.
  5. Servis CVT (dibersihkan dan mungkin perlu diganti bila ada part yang rusak) bagian CVT pentin untuk dibersihkan juga agar motor tidak menjadi berat dan boros bensin. Penggantian part seperti roller yang mulai peang atau vanbelt yang sudah tidak lentur membuat distribusi tenaga menjadi tidak optimal.
  6. Pengecekan busi, salah satu penyebab motor matic menjadi boros adalah menurunnya kemampuan busi sehingga proses pembakaran jadi tidak sempurna daya letak jadi menurun. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan busi dan menggantinya jika diperlukan.

Intinya anda mungkin perlu melakukan servis ringan rutin untuk membuat motor matic anda kembali optimal, anda bisa sampaikan juga ke teknisi jika dirasa motor matic terasa lebih boros dibandingkan dulu.

Selama anda menggunakan motor matic anda dengan baik dan benar dan merawatnya dengan baik dan benar, anda mungkin bisa menghemat pemakaian bensin anda dari sebelumnya anda mempraktekan hal diatas yang saya telah terangkan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke sosial media kalian, sampai jumpa.

Penulis: Rio

Menyukai seputar otomotis terutama perawatan montor harian.

Comments on “Mengenal Penyebab Utama Motor Matic Boros Bensin”