Perawatan Motor di Musim Hujan: Apa yang Harus Anda Lakukan

 Akhir tahun hingga awal tahun kita tahu di Indonesia ini sedang dalam musim penghujan yang cukup lebat atau bisa dikatakan sebagai puncaknya musim penghujan. Sebagai pengguna motor matic tentunya kita akan lebih sering mengalami kehujanan dijalan ataupun harus menerjang genangan air sisa hujan yang selain bisa membuat motor kotor juga bisa membuat motor rusak jika terus-menerus terjadi dan kita tidak melakukan penangganan yang tepat.

Apalagi jika anda harus dengan terpaksa menorobos banjir, walau menang sebisa mungkin menghindari banjir karena tentunya berdampak buruk ke mesin motor yang bisa anda rasakan secara langsung seperti motor yang mogok di tengah jalan. Namun kalau sudah terkepung dan tidak bisa lagi selamat dari banjir ya mau gimana lagi, anda mungkin bisa membaca artikel "Pertolongan Pertama Ketika motor Terkena Banjir".

perawatan motor di musim penghujan

Pada kali ini saya akan sharing bagaimana perawatan atau threadment tambaan untuk kendaraan motor anda saat memasuki musim penghujan. Agar motor tetap bisa bekerja dengan baik tidak mengalami kendala dan kerusakan akibat terlalu sering terkena air hujan.

Mungkin perlu anda ketahui juga air hujan mengandung zat asam tinggi yang mungkin bisa merusak suku cadang terutama yang berbahan logam (bisa korosif) dan juga air hujan ini bukan tidak mungkin membasahi bagian pengapian motor anda yang membuat motor kesayangan anda mogok ditengah jalan.

Berikut tips untuk merawat motor kesayangan anda saat memasuki musim penghujan agar kondisi mesin tetap prima dan terjaga. 

Mencuci Motor Lebih Sering dari Biasanya

Kondisi motor yang lebih sering kotor di musim penghujan memang tidak bisa kita hindarkan. Kita mungkin berkendara saat tidak hujan tapi masih ada genang air yang bisa mengotor motor, belum lagi motor kita yang harus kehujanan saat digunakan atau ditempat parkir. 

Yang menjadi kita malas mencuci motor dimusim penghujan mungkin adalah hujan itu lagi. Terkadang kita baru hari ini dicuci motor mungkin besok kena hujan lagi dan kotor lagi. Jadi ini alasan kita untuk menunda dan tidak mencuci motor dimusim penghujan.

Padahal kotoran yang ada dan menempel pada motor ini bisa berdampak buruk pada suku cadang motor terutama yang berbaan besi karena akan memicu timbulnya karat jika kita biar motor terlalu lama dalam kondisi kotor dan berlumpur. Karat ini tentunya akan membuat bodi motor jadi lebih mudah rapuh dan rusak.

Setidaknya anda mencuci motor anda 1 kali dalam seminggu atau bahkan lebih dari itu lebih baik jika dirasa sudah sangat kotor dari lumpur dan kotoran bisa langsung dicuci saja. Tidak perlu mencuci ke steam motor kalau dirasa pengeluaran boros jika harus mencuci 2-3x seminggu, cukup cuci sendiri dirumah. Anda bisa membaca artikel Cara Cuci motor Sendiri Yang Baik dan Benar.

Mengecek Kondisi Rantai

Jika motor anda gunakan non matic maka perlu memperhatikan kondisi rantai motor anda saat musim penghujan seperti ini.

Dimusim penghujan rantai motor akan sering terbilas air hujan maupun air genangan dijalan yang membuat rantai menjadi kotor dan kering karena pelumasannya yang hilang. Tentunya ini membuat kerja rantai sebagai penghubung mesin dan roda tidak maksimal dan paling buruknya bisa putus dijalan.

Untuk itu saya menyarankan anda untuk lebih sering mencuci motor saat dimusim penghujan jangan lupa juga membersihkan rantai. 

Untuk membersihkan rantai saat mencuci motor cukup mudah cukup gunakan sikat gigi dan cairan pembersih seperti sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran yang ada pada rantai. Sikat dan bersihkan secara merata. 

Anda bisa juga menggunakan bensin (bisa pertalite atau pertamax) jika kotoran cukup sulit dibersihkan, bensin efektif juga merontokan karat yang ada. Jangan lupa untuk membilas hingga bersih dengan air mengalir.

Setelah mencuci motor dan membersihkan lantai motor anda, pastikan rantai sudah dalam kondisi kering (bisa anda bantu dengan lap kain kering) lalu berikan pelumas rantai. Idealnya gunakan pelumas khusus rantai atau anda bisa menggunakan oli mesin yang masih baru (bukan yang bekas). 

Jangan lupa juga untuk mengencangkan rantai jika dirasa rantai motor dalam kondisi kendur dan tidak ideal.

Memeriksa Kondisi Permukaan dan Tekanan Angin Ban

Dimusim penghujan tentunya anda akan lebih sering melalui medan yang basa dan licin sehingga rentan sekali motor pengendara bisa tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tadi tentunya anda harus memastikan kondisi ban motor dalam kondisi baik. Jika dirasa grip ban sudah licin, alur ban sudah mulai tipis dan habis maka sebaiknya memang anda segera mengganti ban motor anda apalagi memasuki musim penghujan seperti ini.

Hal ini untuk mengindari kecelakaan akibat ban licin karena kondisinya sudah tidak layak pakai.

Selain itu anda juga harus sering memeriksa teknan ban motor anda, karena sering kejadian ban motor bocor karena kondisi jalan yang tergenang air hujan kita tiak tahu ada lubang alam sehingga motor kita menghantam begitu keras. Kondisi ban yang kurang tekanan bisa membuat ban menjadi bocor dan kerusakan pada part lainnya seperti pada komstir, bearing roda, velg, hingga shock motor. Jadi sebisa mungkin tekanan ban tidak kurang dari standarnya.

Periksa dan Bersihkan Kampas Rem

Genangan air yang ada dijalan tentunya selain mengandung air juga membawa kotoran seperti lumpur, pasir hingga kerikil kecil yang bisa masuk dan mengotor pada bagian kampas rem motor anda.

Ini bisa anda rasakan ketika anda mulai dari performa pengereman yang berkurang, adanya suara berdecit, dan jika dibiarkan anda tidak sering membersihkannya bisa merusak piringan cakram motor anda.

Untuk itu kenapa saya menyarankan anda untuk lebih sering mencuci motor dimusim penghujan, dan jangan lupa membersihkan pada bagian kampas rem.

Caranya cukup sederhana cukup menyemprotkan air pada bagian kampas rem agar kotoran seperti lumpur benar-benar bersih. Kalau anda membersihkan sendiri dirumah bisa membuat air lebih bertekanan dengan menutup sebagian lubang selang agar kotoran pada kampas rem bisa rontok.

Kalau anda ada budget lebih bisa menggunakan brake cleaner. Perhatikan juga kondisi kampas rem jika dirasa sudah habis untuk segera menggantinya (ditandai bunyi cit terdengar walau sudah anda bersihkan dan daya cekram suda berkurang). Tujuannya agar pengereman motor tetap maksimal dimusim penghujan dan menjaga kondisi piringan agar tidak rusak.

Mengecek Busi

Saat musim penghujan seperti ini motor akan sering terkena air terutama saat harus menerabas air genang banjir, hal ini membuat kemungkinan busi kemasukan air menjadi besar.

Jika busi sudah terkena air maka besar kemungkinan pengapian motor akan terganggu, busi tidak mau menyala dan motorpun menjad mogok. Inilah kenapa anda sering melihat motor yang mogok sesuai menerabas banjir salah satunya busi yang basah kemasukan air.

Selain itu walaupun tidak sampai basah dan mati busi karena air. Ada kemungkinan busi lembab dan terkena cipratan air skala kecil yang mana busi masih bisa bekerja namun ini bisa jadi masalah jika dibiarkan.

Busi yang lembab dan terkena sedikit cipratan genang air tadi jika tidak segera di bersihkan dan keringkan akan membuat busi menjadi korosi, kalau tidak disadari korosi menjadi parah dan busi bisa patah saat dilepas nantinya. Untuk itu anda juga harus rutin mengecek kondisi busi dimusim penghujan.

Untuk anda yang berpergian jauh juga tidak ada salahnya membawa busi cadangan dan kunci busi untuk jaga-jaga jika motor mogok di tengah perjalanan.

Selalu dalam Berkendara

Dimusim penghujan tentunya kondisi ini membuat jalanan menjadi licin dan sebagai pengendara motor yang lebih sering terjadi kecelakaan dibanding mobil dijalan, tentunya harus meningkatkan kehati-hatian ekstra apalagi saat kondisi jalanan yang basah.

Yang perlu anda tidak terlalu cepat dalam berkendaraan (terutama pada saat jalanan basah), tetap selalu menjaga jarak aman dengan pengendaraan lainnya untuk menghindari pengereman mendadak, mengindari penggunaan rem belakang teruatama kecepatan tinggi dan kondisi jalanan basah bisa membuat anda terjatuh dan tergelincir.

Itulah beberapa tips perawatan motor di musim penghujan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi motor Anda tetap baik dan aman digunakan. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan motor, memeriksa kondisi ban, pengereman, busi dan rantai motor Anda sebelum berangkat. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan pelindung seperti jaket dan sarung tangan yang sesuai dengan cuaca. Dengan melakukan perawatan yang baik, Anda dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara di musim penghujan.

Penulis: Rio

Menyukai seputar otomotis terutama perawatan montor harian.

Comments on “Perawatan Motor di Musim Hujan: Apa yang Harus Anda Lakukan”